17 May 2009

PERNIKAHAN (sambungan dari CINTA, DATANGILAH...!)


Konon, pada suatu waktu, Plato kembali mendatangi gurunya dan bertanya lagi "Wahai guru, apakah Pernikahan itu? Apakah aku bisa menuju padanya?" "Tentu saja Bisa!" jawab gurunya bersemangat. "Lalu bagaimana?" tanyaPlato. Gurunya menjawab sama persis seperti ketika Plato menanyakan arti cinta padanya, "Kau lihat Hutan yang terhampar luas di belakang sana? Carilah satu pohon yang paling kau sukai dan yang menurutmu paling indah, dan tebanglah!".
Akhirnya Plato pergi ke Hutan lebat yang sangat luas itu.
Tidak lama kemudian, Plato datang dengan membawa serta satu pohon kecil d pundaknya, yang sebenarnya tidak terlalu indah, namun lumayan bagus. Dan lagi-lagi, gurunya bertanya "Kau sudah menemukan pohon yang indah itu, wahai Plato?" "sudah" jawab Plato singkat, "tunjukan itu padaku" pinta gurunya. Dengan agak malu-malu, Plato memberikan pohon yang tadi di tebangnya dengan susah payah pada gurunya. "Apakah ini pohon yang menurutmu paling indah disana?" Gurunya kembali bertanya. "Tidak juga. Ketika aku melalui Hutan lebat yang sangat luas itu, aku mendapati Pohon ini yang menurutku cukup indah. Lalu kutebang dan kubawa kesini. Aku takut, ketika aku berjalan kedepan nanti, jangan-jangan aku tidak menemukan pohon yang lebih indah dari ini. Seperti yang terjadi ketika aku mencari tangkai gandum 'cinta' di kebun gandum dulu. Jadi langsung kuputuskan saja untuk membawa pohon ini" jawab Plato. "Itulah Pernikahan" tandas Gurunya.
Jadi, dalam cerita ini, ada trauma-trauma cinta pada pengalaman Plato. Dan kisah ini bisa kita jumpai pada zaman sekarang. Ketika kita selalu gagal dalam membina cinta sebelum menikah, kita akan memutuskan untuk segera mengambil tindakan cepat "ketika sudah kutemui seseorang, siapapun itu, akan aku jadikan dia orang yang tepat, yang akan menjadi teman hidupku untuk selama-lamanya. Akan kunikahi Dia segera. Aku tidak ingin hubungan sekarang ini gagal seperti dulu. Aku yakin inilah cinta sejatiku".
Dan, itulah kehidupan.
Ada komentar lain?

0 komentar:

Theme images by andynwt. Powered by Blogger.

Blogger templates

 

© Kehidupan, All Rights Reserved
Design by Dzignine and Conceptual photography